Ucapan Selamat bagi Orang Tua yang Baru Lahir Anaknya

Assalamu’alaykum..

cute baby

cute baby

Keinget bulan kemaren ada senior putri yang baru saja melahirkan, aku sempat datang berkunjung ke rumahnya melihat baby-nya baru satu minggu lahir. Lucu buanget, buanget, banget wes :shock:. Eh, karena baru pertama kali ngunjungi orang tua yg baru lahir anaknya aku bingung harus ngapain, akhirnya seperti bertamu biasa.

Habis walkblogging, malah nemu artikel yg pas banget sama event seperti ini, nih sourcenya disini. Penulis blog tersebut meresensi buku berjudul Menyambut si Buah Hati yang ditulis oleh Salim Rasyid As-Sibli dan Muhammad Khalifah terbitan Ash-Shaf Media. Nah, dari buku itu berikut kutipannya:

Tidak terdapat satu hadits pun dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang ucapan selamat, dan tidak ada sesuatu pun kecuali atsar yang diriwayatkan dari para tabi’in. Di antaranya:

Dari Hasan Al-Bashri rahimahullah, bahwasanya ada seseorang yang bertanya kepadanya, “Bagaimana cara saya mengucapkan ucapan selamat (kelahiran)?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah olehmu,

جَعَلَ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

-Ja’alallahu mubaarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Mukhammadin-

Artinya, “Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi atasmu dan atas umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam”

(Atsar ini hasan, dikeluarkan oleh Imam Thabrani).

Tapi apakah jika bertemu event kelahiran harus selalu mendoakan seperti itu atau bagaimana? Bagaimana posisinya dengan amalan lain yg sunnah? Apa doa ini jg sunnah? Ada kelanjutannya dari buku tersebut mengenai hal ini.

Atsar-atsar seperti ini jauh lebih baik daripada apa yang kami lihat berupa ucapan yang diada-adakan yang bisa digunakan pada hari ini. Dan tidak seorang pun di antara ahlul ilmi yang memperbolehkannya. Akan tetapi bersamaan dengan itu kami tidak melazimkan (membiasakan) memberi ucapan selamat seperti di atas, layaknya amalan itu disebutkan oleh sebuah hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Tidak juga kami menjadikannya seperti dzikir-dzikir yang lain yang telah pasti di dalam as-sunnah. Maka barangsiapa yang mengucapkannya pada suatu kali, tidak mengapa. Adapun yang tidak mengucapkannya maka tidak ada ruginya.

Nahhhh, begituu.. Para pembaca bisa juga mendoakan anak teman yg baru lahir dengan doa di atas. Apa yg baik selalu dari Allah subhanahu wata’ala, yg kurang berasal dari manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat, see you at the next post. :mrgreen:

About these ads

Would you kind to have any thought?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s