Software Japanese Speech Recognition ++

Anoo,. mulai hari kamis tgl 17 Juli 2008, jum’at, senen lagi sampe kamis, ada Takeshi-san dari Kumamoto University, Jepang berkunjung di UPT Pusat Bahasa ITS..

Ngapain ya dia sama dosennya di Indonesia?? Mereka mau nyobain Software Speech Recognition yang mereka buat.. Nah, karena aku sudah nyobain.. Jadi mau cerita” sdikit..

Jujur, softwarenya keren bangett.. bagus banget buat orang asing yang mau belajar bahasa jepang.. tapi, meski sudah aku bilang bagus banget.. Takeshi-san bilang software itu belum sempurna.. Padahal klo menurutku, langsung aja di-launch di internet..😀 (ini yang punya software aku ato Takeshi-san?? :D)..

Jadi, sebenernya aplikasinya itu aplikasi internet.. Kita bisa milih bahasa yang dipake’ untuk introductionnya.. mau romaji (huruf alfabet) ? mau hiragana ? ato kanji ? baru habis itu bisa practice.. kebetulan aku bersikeras pake hiragana.. sekalian nyoba’ nglatih hiraganaku..

Yang aku cobain tu bagian awalnya.. Dimana ada lesson 1 dan seterusnya.. isinya itu, ada gambar dan tulisan hiragana.. klo gak bisa baca hiragananya, ada tombol yang klo diklik muncul tulisan romajinya / alfabetnya.. nanti setelah tekan tombol START (tombol startnya pun hiragana), kita bisa ngomong lewat headset, lalu klik STOP.. nah, nanti ada gambar panda yang nunjukin maru (lingkaran) ato batsu (tanda silang), bener ato salah.. juga ada contoh audio versi orang jepangnya yang bisa didengerin..

Aku liat ada yang satu lagi, jadi ndengerin pertanyaan bahasa jepang, nanti jawabnya ada A-B-C-annya.. Gitu deh pokoknya.. yang laen juga ada, tapi gak sempet liat..

Hmm, bagus banget buat priksa pronunciation kita dibanding punya orang jepang asli..😀 sugoi desu ne.
Takeshi-san sendiri meneliti, apa sudah bener ketika orang asing belajar bahasanya.. begitu..

Ah, saia nanya” sama Takeshi-san banyak.. nanti klo itu udah jadi, dan bisa dinikmati banyak orang secara gratis, nanti dikasi tau.. Tapi katanya sementara untuk pribadi Kumamoto University doang, gitu katanya.. Wah, saia sabar menunggu kog..

Oia, sebenernya aku mau upload kamus gratis Jepang-English English-Jepang.. Ada Chinese nya juga’ sih.. Tapi ngupload dimana ya?? Gimana caranya?? Ada yang bisa bantu??😕 bentuk filenya pengenku di .rar aj.. Ikaga desu ka.

2 thoughts on “Software Japanese Speech Recognition ++

Would you kind to have any thought?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s