Favorite Dish – Macaroni Schotel

Bake and bake more

Assalamu’alaykum wa rohmatulloh wa barokatuh..

Yeah yeah! Ini salah satu makanan favoritku karena gampang buatnya. Bahan dasar penting ada makaroni sama telur. Bahan yg lain ada keju, bawang bombay sama susu –bahan ini menurutku tergantung, suka ato ndak sm bahan ini, suka byk ato sedikit.

Bumbu yg dipake cm garam, merica sm kaldu –kaldu ini bisa kaldu ayam ato sapi, bisa kaldu asli, kaldu instan bentuk blok, bubuk ato gel. Bisa juga ditambah bawang putih sm bawang merah yg diparut. Aku kadang-kadang tak kasih saos instan bolognese ato barbekyu kalo pas ada, paling sip ditaruh diatas adonan sm keju sebelum dipanggang. Trus makannya pake saos tomat ato saos sambel.

Nah, kalo isi dagingnya bisa pake daging sapi/ayam cincang/asap, kornet sapi, sosis sapi/ayam, pokoknya seputar daging-dagingan. Ini paling enak ditumis dulu sm mentega sm bawang bombay. Yg paling sip sih mnurutku kornet sapi, yummy. Boleh jg ditambah sampingan jamur seperti jamur kancing (champignon), merang, ato tiram. Aku sudah coba 3 jamur ini, enak soalnya.

Tips: masak jamur tersendiri dulu, baru dicampur ke adonan. Soalnya pernah langsung masukin jamur ke adonan, rasa jamur terlalu banget. I don’t like it. yaks!

sosis sebaiknya dimasukkan dalam adonan, tapi bisa juga dipotong tipis untuk ditaruh diatas jadi hiasan.

Keju yg biasa aku pake, cheddar sama mozarella. Mozarella susah didapat tapi karena ada kraft quick melt –ups, sebut merk– bisa ngganti mozarella. Cheddar buat di adonan, kalo mozarella buat diatasnya. Yg paling enak kalo diatasnya byk keju leleh, yummy.

Susu biasanya aku pake susu full cream. :p

Tips: kalo suka yg agak benyek lembut, banyakin susunya. Klo suka kering, susu sm telurnya dikurangi.

Adonan yg sip itu mnurutku yg padat. Jadi usahakan makaroni” pada tenggelam di adonan. Ini juga yg mnyebabkan cepat kenyang.

Meskipun panggangnya bisa pake cetakan kue, mangkok khusus panggang ato mangkok aluminium foil sekali pakai, suhu yg pas itu 180 derajat celcius. Tinggal waktunya yg disesuaikan.

Meskipun sudah beberapa kali bikin makanan ini, kondisinya bisa beda-beda. Misal kapan hari itu cm punya keju cheddar, pernah jg susu ndak ada, pernah telurnya kurang. Yah, berdasarkan pengalaman bisa belajar dari situ.

Mnurutku, selera orang beda-beda.  Yg enak klo bikin sendiri, bisa mnyesuaikan sm selera sendiri.:mrgreen:

Baking

See you at the next post.. *ngidam siomay udang*

2 thoughts on “Favorite Dish – Macaroni Schotel

  1. wahhh…kayaknya enak neh, aku jg suka baget macaroni schotel apalagi kalo ditambah keju parmesan di atasnya. Tapi sayang, si keju satu ini mahal amir jadi ya diganti keju cheddar biasa

Would you kind to have any thought?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s