Beasiswa MEXT U2U

Hello August

Hello August

Assalamu’alaykum warohmatulloh, pembaca muslim..
Alhamdulillah, akhirnya sempat menyelesaikan post ini. Padahal post ini saya buat sejak April lalu, akhirnya terbit juga.

Hm, ini mau ngomongin tentang beasiswa pemerintah Jepang, tepatnya oleh MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology), yang juga dikenal dengan beasiswa Monbukagakusho. Dan yang akan saya bahas disini lebih spesifik tentang jalur rekomendasi universitasnya yang sering disebut dengan U2U (baca: yu tu yu). Pada dasarnya, beasiswa MEXT ada 2 jalur:

  • G2G, jalur rekomendasi kedutaan besar. Kedutaan besar masing-masing negara yang mengadakan seleksi. Kemudian kedutaan besar yang memberi rekomendasi penerimaan beasiswa.
  • U2U, jalur rekomendasi universitas Jepang. Universitas-universitas di Jepang yang mengadakan seleksi. Kemudian universitas lah yang memberi rekomendasi penerimaan beasiswa.

Let’s start.:mrgreen:

Program Sekolah

Sebelum membicarakan tentang beasiswa, mari bicara tentang program sekolah, apa sekolah S2? atau sekolah S3? dan apa programnya diajarkan dalam bahasa Jepang? atau diajarkan dalam bahasa Inggris? Itu tergantung pilihan pembaca. Yang pasti diperhatikan adalah, pilih program yang diperuntukkan calon mahasiswa di luar Jepang. Hal ini disebabkan karena universitas di Jepang biasanya membuka pendaftaran tersendiri khusus untuk calon mahasiswa di luar Jepang. Kebanyakan, istilahnya disebut International Course.

Program sekolah untuk calon mahasiswa di luar Jepang bisa tersedia dalam bahasa Inggris dan ada juga yang bahasa Jepang lho. Iya, benar! Bayangkan, sebagai calon mahasiswa, ada juga program sekolah yang ditawarkan dalam bahasa Jepang. Ini kira-kira harus punya JLPT N2, uwaaaa! Ini sih buat mereka yang sudah fasih ba-bi-bu bahasa Jepang.

Kalau saya sih, pilih saja program sekolah yang berbahasa Inggris. Salah satu program sekolah yang mendukung calon-calon mahasiswa seperti ini adalah program Global 30. Program ini menawarkan program sekolah berbahasa Inggris dan diikuti banyak universitas di Jepang. Sangat menarik.

Link Kyoto University yang tergabung dalam Global 30 dan menawarkan International Course dalam bahasa Inggris, klik disini

Persyaratan

Nah, bicara tentang seleksi yang diadakan universitas-universitas di Jepang, dari awal saja persyaratannya bisa beragam. Beragam bagaimana? Antar universitas kan berbeda-beda persyaratannya.

Mari kita lihat salah satu contohnya untuk studi S2/S3 di Tokyo Institute of Technology (sumber: website Tokyo Tech ini yang saya ambil waktu pendaftaran tahun 2012 untuk keberangkatan tahun 2013). Di Tokyo Institute of Technology (dikenal dengan sebutan Tokyo Tech, Tokodai atau TiTech), seleksi awal untuk beasiswa Monbukagakusho dilakukan sekaligus atau jadi satu dengan penerimaan mahasiswa baru secara umum pada saat pendaftaran mahasiswa S2 atau S3 untuk calon mahasiswa di luar Jepang. Mengapa begitu? Karena nantinya dari semua pendaftar, akan dipilih beberapa orang yang diterima studi di Tokyo Tech sekaligus mendapat beasiswa dari MEXT. Nanti dalam formulir pendaftarannya ada pilihan untuk memilih antara:

  1. Mendaftar beasiswa MEXT dan tidak akan mendaftar universitas tanpa beasiswa itu.
  2. Mendaftar beasiswa MEXT dan tetap mendaftar universitas meskipun tanpa beasiswa itu.
  3. Tidak mendaftar beasiswa MEXT.

Dari 3 pilihan diatas, pilihan 2 dan 3 nantinya bisa juga daftar beasiswa dari JASSO (perlu diingat bahwa JASSO punya kebijakan beasiswa sendiri seperti masa beasiswa, nominalnya, waktu awal penerimaannya, dsb). Ok, mari melihat apa saja persyaratan seleksi dokumen pendaftaran Tokyo Tech:

  • Dapat persetujuan salah satu faculty member. Kalau jalur rekomendasi kedubes, beasiswanya dapat dulu baru cari dosen pembimbing dan universitas, kalau U2U kebalikannya, cari dosen pembimbing, diterima universitas baru beasiswanya.
  • Isi formulir pendaftaran, tentu lah yaaa. =___=
  • Proposal riset. Proposal riset ini sekaligus mencerminkan pilihan bidang dan jurusan yang dipilih. Ini sama dengan persyaratan jalur rekomendasi kedubes. Jadi, daftar beasiswa MEXT jalur apapun tetap membuat proposal riset. Kalau U2U kemungkinan besar akan dilihat atau diseleksi sejak seleksi tingkat jurusan oleh dosen-dosen jurusan termasuk dosen pembimbing yang dipilih.
  • Asli atau legalisir transkrip akademik dan ijazah (ijazah bisa diganti dengan surat keterangan lulus). Nah, kalau jalur rekomendasi kedubes ada syarat IPK minimal 3.0, cek disini. Kalau U2U cuma disuruh submit saja.

Saingannya jadi invisible-kah karena ndak ada syarat minimalnya?
kowai desu ka? dame desu. ganbatte kudasai.

  • Ringkasan riset studi S1 atau detail rencana riset studi S2. Kalau jalur rekomendasi kedubes, abstraknya. Ya mirip-mirip lah.
  • Laporan nilai tes kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/TOEIC). Jeng 3x. Ini sama saja seperti jalur rekomendasi kedubes, cuma jalur rekomendasi kedubes ada syarat minimalnya, boleh memakai TOEFL ITP dan ada alternatif memakai laporan nilai tes kemampuan bahasa Jepang (JLPT). Artikel ekslusif tentang tes TOEFL iBT dari saya ada disini.

Saingannya jadi lebih invisible-kah karena ndak ada syarat minimalnya?
motto motto kowai desu ka? dame da yo! ganbatte kudasai ne!

  • Surat rekomendasi dari dan untuk, dengan format tertentu. Apalagi kalau bukan surat rekomendasi dari dekan, ketua jurusan dan/atau dosen pembimbing. Ini perlu diperhatikan, kalau Tokyo Tech mensyaratkan surat rekomendasi dari dekan yang dialamatkan untuk rektor Tokyo Tech. Intinya, surat rekomendasi akan punya format sendiri-sendiri. Kalau jalur rekomendasi kedubes, surat rekomendasi dari atasan kerja juga perlu kalau sedang bekerja. Nah, mengenai surat rekomendasi ini, saya pernah dapat nasihat bagus waktu mohon rekomendasi dari dosen. Lebih baik mohon rekomendasi dari dosen yang mengenal baik kita. Misalnya seperti pernah mengajari, bekerjasama menjadi asisten dosen atau asisten lab, intinya tentang interaksi. Jika seandainya memang tidak pernah berinteraksi namun harus rekomendasi dari dosen tersebut, maka curriculum vitae dan wawancara adalah opsi yang dapat disampaikan pada dosen tersebut.
  • Foto diri baru-baru ini dan fotokopi paspor.

Hmm, itu untuk Tokyo Tech, kira-kira hampir sama juga persyaratan dokumen jalur U2U yang diatur oleh universitas lain.

Eits, setelah persyaratan dokumen, ada kemungkinan belum berhenti sampai disitu saja. Beberapa universitas tertentu, mungkin dalam level jurusan atau fakultas, bisa ada wawancara via email atau bahkan wawancara dan presentasi online.

Untuk sekilas melihat perbedaan dan kondisi, ini ada alphabet-sorted random-picked link untuk beberapa universitas selain Tokyo Tech tentang jalur U2U di universitas tersebut, monggo sak nemunya saya:

Timeline

Saya bingung bahasa Indonesianya timeline itu enaknya apa ya =___=

OK! Next, tentang timeline. Masih memakai contoh Tokyo Tech, ini ada sumber terpercaya (saya kenal sama yang nulis artikel ini). Bedanya, di pengalamannya periode 2010-2011 waktu pendaftarannya dari Agustus – Desember 2010. Kalau di periode 2012-2013 waktu pendaftarannya cuma dua setengah bulan saja (1 Oktober – 14 Desember 2012). Ini timeline waktu-waktu penting proses U2U Tokyo Tech 2012-2013.

  1. < 10 November 2012
    Tes TOEFL. Artikel ekslusif tentang tes TOEFL iBT saya ada disini.
  2. 1 Oktober – 14 Desember 2012
    Waktu pendaftaran.
  3. Januari 2013 minggu pertama
    Pemberitahuan candidate tingkat fakultas.
  4. Maret 2013 minggu kedua
    Pemberitahuan candidate tingkat universitas melalui dokumen fisik termasuk Letter of Acceptance yang dikirim ke rumah.
  5. Juli 2013 minggu kedua
    Pemberitahuan grantee beasiswa melalui email sebagai New MEXT Scholarship Student sekaligus informasi jadwal pengiriman dokumen administrasi mahasiswa baru, visa, dll.
  6. Juli 2013 minggu kedua/ketiga
    Dokumen informasi tentang administrasi mahasiswa baru, visa, tiket pesawat, asrama, dll sampai di rumah.
  7. Juli 2013 minggu ketiga
    Sudah bisa mulai mengurus visa, asrama dll.
  8. September 2013
    Fly to Japan dan registrasi mahasiswa baru.
  9. Oktober 2013 minggu pertama
    Perkuliahan minggu pertama.

Total waktu 1 tahun untuk time range prosedur U2U. Untuk G2G, kurang lebih sama.

Saya pernah mengirim dokumen ke Tokyo dengan FedEx (jangan dihitung ngiklan ya ^^). Selasa siang (sekitar jam 13:00) waktu Surabaya saya kirim, Kamis malam (sekitar jam 20:00) waktu Tokyo sudah sampai. Padahal deadlinenya Jumat, deg-degan sendiri. T_T

Pada poin empat, belum bisa ngurus visa meskipun sudah mengantongi LoA. Masih harus menunggu pengumuman dari poin 5.

Last Year Grantee(s)

Apa kira-kira maksud sub judul diatas? Entah mau disebut apa, tapi sebagai pengetahuan perlu juga mengetahui bagaimana sejarah jumlah kandidat (candidate) dan penerima (grantee) beasiswa MEXT jalur U2U di Universitas tersebut. Kalau yang ini, saran saya cuma satu: pandai-pandailah mencari informasi di website universitas.

Kalau pembaca sudah buka link Kagoshima University yang saya cantumkan diatas, bisa dilihat sejarah jumlah candidate(s)-nya dan grantee(s)-nya langsung. Soalnya ada juga yang nyempil-nyempil di dalam link dokumen PDF di antara tulisan-tulisan yang ngantri berjubel untuk dibaca. Bahkan ada juga yang memang tidak di-publish untuk khalayak umum. Dari pengalaman teman saya sendiri, malah bisa-bisa baru tahu saat pengumuman candidate tingkat universitas tentang jumlah grantee-nya.

*****

Baiklah, sekian tulisan saya mengenai beasiswa MEXT U2U, semoga bermanfaat.

PS: Correct Me If I’m Wrong (CMIIW). Kalau ada link diatas yang mati, atau salah ketik, laporan di bagian komentar yaa.. makasih

35 thoughts on “Beasiswa MEXT U2U

  1. mbak, saya tertarik untuk apply beasiswa ini. saya dari its jurusan sist. perkapalan 2015.. tapi saya masih bingung step by step buat beasiswa monbusho yg u to u.. juga buat dapet letter of acceptance nya, mohon pencerahannya mbak ^.^.. kalo mbak nya apply ke tokyo tech kah ?

    • @Bernadita

      wah, semangat ya keinginan sekolah lagi.
      kebetulan almamaternya sama dg saya, ITS.
      silakan kalau berminat u to u, kesempatan masih terbuka, termasuk di univ saya, tokyo tech.
      step-by-stepnya sudah saya sampaikan di post ini.
      kalau ada yg kurang jelas, bagian mananya yg kurang jelas?
      mungkin juga supaya bisa improve tulisan ini.
      buat dapat letter of acceptance? ya dg mendaftar aplikasi di univ yg diinginkan.
      kalau diterima, dapat letter of acceptance.

    • iyaa mbak mumpung masih bisa sekolah lagi ^^..
      mbak @safirsyifa masih bingung yg bagian awal pendaftarannya. itu posisi mbak pas semester akhir skripsi atau udah lulus s1 mbak ? buat Loa nya berarti kita apply dulu ke univ ya mbak, atau apakah boleh meminta Loa sebelum apply agar bisa menunjang dokumen yg ada.. , dan disana pasti diminta proposal riset, itu berdasarkan skripsi mbak atau mbak membuat lagi proposal riset dari awal ?untuk dokumennya mbak syifa mengirim langsung ke tokyo tech apa ke kedubes jepang di indo ?? liat maaf ya mbak banyak tanya soalnya masih newbie dalam hal kayak gini. trimakasih mbak ^^ moga2 bisa nyusul kayak mbak🙂

    • @Bernadita

      Pada waktu itu saya sudah lulus S1 sih, juga sudah 2 tahun bekerja.
      Cuma, kita lihat saja waktu pendaftarannya Tokyo Tech.

      Pertama, pilih dulu programnya.
      Ada beberapa program untuk international student di Tokyo Tech (IGP A, IGP B, & IGP C).
      Program untuk international student Tokyo Tech selengkapnya disini.

      Di bawah ini informasi terkini untuk program IGP A.
      Bisa dilihat, biasanya pendaftaran sekitar Agustus-November untuk kuliah Oktober tahun depannya.
      Tokyo Tech punya 2 waktu mulai perkuliahan, 1 April dan 1 Oktober.

      International Graduate Program (A)

      Admission Date: September 23, 2016
      Number of Admitted Students: Several students in each department
      Types of Programs: Integrated Doctoral Education Program, Master’s Program, Doctoral Program
      Application Period: August 3, 2015 – November 30, 2015

      Nah, program lain bisa beda lagi waktu pendaftarannya dan kapan mulai kuliahnya.
      Kalau masalah belum lulus atau tidak, juga bisa dilihat di websitenya.
      Di bawah ini informasi untuk program IGP A, lihat bagian Eligibility.

      (1) Persons who have successfully completed 16 years of education outside Japan or who are expected to do so by September 22, 2016.

      Jadi, untuk perkuliahan 1 Oktober 2016, minimal sudah lulus pada tanggal 22 September 2016.

      ***

      Saya kurang paham maksudnya:

      apakah boleh meminta Loa sebelum apply agar bisa menunjang dokumen yg ada

      Untuk pendaftaran Tokyo Tech MEXT U to U, prosedur untuk mendapat LoA ya mengikuti administrasi pendaftaran universitas; apply, diterima, kemudian dapat LoA.
      Kalau yang dimaksud untuk mendaftar beasiswa lain, silakan menghubungi prof pembimbing.

      ***

      Proposal riset tentu saja beda dengan riset skripsi S1.

      ***

      Untuk semua program U to U dan semua aplikasi mendaftar universitas, langsung dikirim ke universitas.
      Tidak berhubungan dengan kedubes Jepang.
      Saya ingatkan lagi, post ini tentang program MEXT U to U, bukan MEXT rekomendasi kedubes.

  2. Hi Mbak Safirsyifa. perkenalkan saya Reni. Saya berencana untuk lanjut kuliah di titech. Saat ini saya sudah mendapat rekomendasi dari salah seorang prof di titech dan disuruh apply research student. Tapi saya masih sedikit bingung dengan jalur U2U. Apakah bisa saya apply program research student dengan beasiswa MEXT, kalau kampus saya tidak menjalin kerjasama dengan titech?

    • @Reni

      Wah, selamat ya kalau sudah dapat prof pembimbing.🙂
      Pengalaman bagus itu kalau mulai dari research student dulu.

      Hmm, kalau MEXT u2u titech sih didesain untuk program S2/S3, kalau research student bisa cari beasiswa lain, misal dari JASSO.

      Kalau beasiswa MEXT u2u titech untuk S2/S3nya, tidak perlu takut kampus almamater tidak ada kerjasama dengan titech. Karena tidak ada persyaratan kerjasama antar kampus. Saya juga dulu waktu mendaftar u2u titech sempat menanyakan hal itu, karena kampus almamater saya tidak menjalin kerjasama dengan titech dan jawabannya tidak perlu ada kerjasama antara kampus almamater dengan titech. Ganbatte ne!

  3. Salam kenal mba Safirsyifa,
    nama saya yoanita, saat ini duduk di kelas 12. Saya melihat di milis tentang beasiswa ini untuk program S1 tahun 2016. Bedanya, setelah saya baca persyaratannya, tidak diperlukan surat rekomendasi. Yang diperlukan hanya, formulir pendaftaran, certificate kelulusan, score TOEFL/SAT/IELTS.. menurut mba, perlu ngga ya surat rekomendasi itu?
    mohon jawabannya mba, ke email saya: y*7@gmail.com. thanks before (:

    regards,
    yoanita

  4. Halo mbak, salam kenal ya.. kebetulan saya diterima dalam salah satu program MEXT. oleh karena itu, saya benar-benar butuh saran dari mbak. Jika boleh, kita berkomunikasi via email saja🙂 terima kasih

  5. Kak mau tanya nih,
    1. Dulu kakak lewat jalur apa ya? U2U atau rekomendasi kedubes?
    Lebih mudah jalur yang mana sih Kak?
    2. Kalau ingin tau periode pendaftaran kedua jalur tersebut gimana ya?
    Terimakasih

    • @asri

      1. Dulu saya lewat U2U, makanya artikel ini banyak membahas tentang U2U.
      Wah, kalau mana yg lebih mudah, saya belum bisa membandingkan.
      Kan saya belum pernah ikut yang rekomendasi kedubes, hehe.
      Yang jelas titik beratnya ada pada ujian/tesnya.
      U2U diuji universitas, rekomendasi kedubes lewat ujiannya.

      2. Kalau U2U, harus dilihat dari website univ yg diinginkan, karena mereka yg mengeluarkan persyaratannya.
      Untuk Tokyo Tech misalnya, bisa cek disini (tinggal pilih programnya: IGP A/B/C).
      Kalau rekomendasi kedubes, biasanya setiap bulan April-Mei, bisa cek disini (tinggal pilih programnya: S1, research student, dll).

      semoga membantu.

  6. mbak saya juhga tertarik dengan beasiswa ini. saya lulusan D3 UGM, dan dr web saya sempat baca ttg scholarship S1. apa mbak bisa memberikan info kpd saya>? terimakasih

    • @Deni

      wah, maaf saya baru aktif lagi di blog..😦
      telat lagi saya jawabnya..
      waktu itu saya sudah lulus.
      silakan lihat persyaratannya disini.
      disitu tertulis keterangan tentang kelulusan seperti ini:

      (1) Persons who have successfully completed 16 years of education outside of Japan or who are expected to do so by September 30, 2014.

  7. terima kasih kak utk sharingnya🙂
    saya mau tanya kak, kalau saya saat ini sedang berada di semester akhir, dan akan sidang sekitar bulan februari 2014, apakah saya bisa ikut mendaftar pada periode dibawah ini? karena otomatis saya belum memiliki surat kelulusan.

    Admission Date: October 1, 2014
    Number of Admitted Students: Several Students in each Department
    Types of Programs: Integrated Doctoral Education Program, Master’s Program, Doctoral Program
    Application Period: August 1, 2013 – December 2, 2013

    terima kasih🙂

    • @Nico

      wah, maaf saya baru aktif lagi di blog..😦
      telat lagi saya jawabnya..
      kemarin kalo lihat di link yang saya kasih di komentar, ada keterangan ini:

      (1) Persons who have successfully completed 16 years of education outside of Japan or who are expected to do so by September 30, 2014.

      which means kamu bisa daftar kalo tanggal 30 September 2014 itu kamu lulus..

    • @musayyanah

      itu periode pendaftaran masuknya, dek..
      maksudnya application itu aplikasi dokumen pendaftaran..
      jadi bisa submit aplikasi dokumen pendaftaran antara tanggal application period itu..
      sekarang lagi dibuka lho..

  8. Pendaftaran Tokyo Tech untuk keberangkatan tahun 2014 sedang dibuka lho.

    Admission Date: October 1, 2014
    Number of Admitted Students: Several Students in each Department
    Types of Programs: Integrated Doctoral Education Program, Master’s Program, Doctoral Program
    Application Period: August 1, 2013 – December 2, 2013
    Link

Would you kind to have any thought?

