Tes TOEFL iBT di Jepang – Daftar, Bayar, Tes

Sebelumnya, saya pernah menulis sebuah post tentang tes TOEFL, disini. Kali ini, saya juga ingin menulis kembali pengalaman tes TOEFL saya, tapi di Jepang. Semoga bermanfaat.

 

white sakura

 
Langkah-langkah tes TOEFL iBT yang saya ambil:

  • Membuat atau mempunyai akun di website ETS
  • Mendaftar tes TOEFL iBT online dan membayar biayanya melalui credit card
  • Melakukan tes TOEFL iBT

Sayangnya kali ini saya tidak menjelaskan secara detail tentang poin pertama karena pada saat itu saya masih memiliki akun lama saya yang isinya cuma pernah order tes TOEFL iBT sekali. Silakan membuat akun sendiri di website ETS.

Untuk poin kedua pun, kira-kira secara umum prosesnya cukup mudah. Secara garis besar yaitu memilih order tes TOEFL iBT, memilih tanggal tes, memilih tempat tes, dan membayar tagihannya. Memilih tempat tes di Jepang ini yang menurut saya adalah hal yang tak kasat mata. Karena mungkin kita tidak tahu bagaimana kondisi dan fasilitas tempat tes. Mungkin kalau ditelusuri lebih lanjut, kita bisa menghubungi tempat tes untuk survey sebelum memilihnya.

Karena saya bukan penduduk Jepang, sehingga saya merasa perlu mendatangi tempat tes sebelum hari tes untuk memastikannya. Supaya pada hari tes, saya tidak mencari-cari tempatnya lagi yang mungkin berakibat tersesat atau terlambat. Sedih kalau terjadi, kasihan yang sudah bayarin tes saya. Sayangnya saya cek tempat tes setelah mendaftar online dan juga tidak menanyakan informasi apapun ke tempat tes. Jadi saya cuma numpang lewat aja waktu itu.

Intermezzo

Tidak beberapa lama dari tes TOEFL tersebut, ada sebuah email mengenai customer survey untuk tes TOEFL terakhir. Sayang sekali saya tidak hanya mengisi saran namun juga kritik. Tempat tesnya lah yang menjadi masalah. Saya jelas membandingkan dengan pengalaman saya yang lalu sebelum tes kali ini. Yang lalu, fasilitas tempat tes yang diberikan hampir memuaskan (hanya minus di pendingin ruangan yang terlalu dingin dan saya bisa mengatasi ini sendiri dengan memakai jaket). Satu orang peserta tes berada di ruang kecil yang tenang terpisah dari peserta tes yang lain. Namun kali ini, satu ruangan tes terdiri dari belasan peserta tes (seingat saya belasan) sehingga sangat mengganggu dengan masing-masing suara ketikan keyboard komputer. Juga pengawas tes yang cukup sering lalu lalang mengawasi peserta tes yang berjumlah belasan. Serta gangguan yang amat sangat mengganggu ketika peserta tes lain sampai pada soal speaking. Masih terdengar cukup jelas pembicaraan peserta tes lain meskipun saya memakai headset besar seperti model headset gamer. Maaf, tapi saya tidak cocok dengan tempat tes di daerah Sagamiono ini.

Sekian. Semoga lain kali saya diberi waktu untuk posting tentang tes TOEIC di Jepang.

2 thoughts on “Tes TOEFL iBT di Jepang – Daftar, Bayar, Tes

Would you kind to have any thought?

