Tes TOEFL iBT di Jepang – Daftar, Bayar, Tes

Sebelumnya, saya pernah menulis sebuah post tentang tes TOEFL, disini. Kali ini saya ingin menulis kembali tentang pengalaman tes TOEFL, namun jika sebelumnya adalah pengalaman saat di tanah air Indonesia, maka kali ini adalah pengalaman di Jepang. Semoga bermanfaat.

 

white sakura

 
Langkah-langkah tes TOEFL iBT yang saya ambil:

  • Membuat atau mempunyai akun di website ETS
  • Mendaftar tes TOEFL iBT online dan membayar biayanya melalui credit card
  • Melakukan tes TOEFL iBT

Sayangnya kali ini saya tidak menjelaskan secara detail tentang poin pertama karena pada saat itu saya masih memiliki akun lama saya yang isinya cuma pernah order tes TOEFL iBT sekali. Silakan membuat akun sendiri di website ETS.

Untuk poin kedua pun, kira-kira secara umum prosesnya cukup mudah. Secara garis besar yaitu memilih order tes TOEFL iBT, memilih tanggal tes, memilih tempat tes, dan membayar tagihannya. Memilih tempat tes di Jepang ini yang menurut saya adalah hal yang tak kasat mata. Karena mungkin kita tidak tahu bagaimana kondisi dan fasilitas tempat tes. Mungkin kalau ditelusuri lebih lanjut, kita bisa menghubungi tempat tes untuk survey sebelum memilihnya.

Karena saya bukan penduduk Jepang, sehingga saya merasa perlu mendatangi tempat tes sebelum hari tes untuk memastikannya. Supaya pada hari tes, saya tidak mencari-cari tempatnya lagi yang mungkin berakibat tersesat atau terlambat. Sedih kalau terjadi, kasihan yang sudah bayarin tes saya. Sayangnya saya cek tempat tes setelah mendaftar online dan juga tidak menanyakan informasi apapun ke tempat tes. Jadi saya cuma numpang lewat aja waktu itu.

Intermezzo

Tidak beberapa lama dari tes TOEFL tersebut, ada sebuah email mengenai customer survey untuk tes TOEFL terakhir. Sayang sekali saya tidak hanya mengisi saran namun juga kritik. Tempat tesnya lah yang menjadi masalah. Saya jelas membandingkan dengan pengalaman saya yang lalu sebelum tes kali ini. Yang lalu, fasilitas tempat tes yang diberikan hampir memuaskan (hanya minus di pendingin ruangan yang terlalu dingin dan saya bisa mengatasi ini sendiri dengan memakai jaket). Satu orang peserta tes berada di ruang kecil yang tenang terpisah dari peserta tes yang lain. Namun kali ini, satu ruangan tes terdiri dari belasan peserta tes (seingat saya belasan) sehingga sangat mengganggu dengan masing-masing suara ketikan keyboard komputer. Juga pengawas tes yang cukup sering lalu lalang mengawasi peserta tes yang berjumlah belasan. Serta gangguan yang amat sangat mengganggu ketika peserta tes lain sampai pada soal speaking. Masih terdengar cukup jelas pembicaraan peserta tes lain meskipun saya memakai headset besar seperti model headset gamer. Maaf, tapi saya tidak cocok dengan tempat tes di daerah Sagamiono ini.

Jika ada pertanyaan mengapa saya mengambil tes TOEFL iBT untuk kedua kalinya? Karena hasil tes sebelumnya sudah kadaluarsa. Perlu diingat bahwa hasil tes TOEFL iBT memiliki masa berlaku. Selayaknya ingatan kita bisa terkikis oleh waktu, seiring berjalannya waktu, kemampuan bahasa asing kita pun bisa terkikis.

Sekian. Semoga lain kali saya diberi kesempatan untuk posting tentang tes TOEIC di Jepang.

Iklan

4 pemikiran pada “Tes TOEFL iBT di Jepang – Daftar, Bayar, Tes

    • Wa’alaikumussalaam warahmatullahi wabarakaatuh.

      Karena masa berlaku TOEFL iBT yg sebelumnya sdh habis, kalau tdk salah sekitar 2 tahun masa berlakunya. Waktu itu saya mmg ingin tahu nilai saya & barangkali diperlukan.

      Kampus Tokyo Institute of Technology (Titech/Tokyo tech).

      Semoga menjawab pertanyaannya.

Would you kind to have any thought?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s