Tes TOEIC di Jepang

Setahu saya, tes TOEIC di Jepang adalah tes kemampuan bahasa inggris yang sangat populer. Tes ini populer di kalangan pencari kerja seperti kalangan mahasiswa. Kalau saya melihat dari junlah peserta tes pada tes yang saya ikuti, pada satu tempat saja jumlah peserta tes mencapai ribuan, ya ribuan. Satu kelas saya saja sekitar 130 orang. Benar benar kelas besar yang digunakan untuk tempat tes. Padahal ada beberapa kelas dengan ukuran hampir sama yang digunakan pada saat itu.

Secara garis besar, tes TOEIC di Jepang prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Mendaftar offline
  2. Mendaftar online
  3. Tes TOEIC
  4. Mendapat hasil

Pada saat mendaftar offline, saya memanfaatkan layanan campus coop (semisal dg koperasi kampus) dari kampus saya. Coop (baca: ko-op) kampus saya membuka pendaftaran tes TOEIC sekali setiap bulannya. Saya mendaftar di coop kampus dengan langsung membayar biaya secara tunai dan mendapatkan semacam kode voucher untuk mendaftar online.

Saya mengikuti prosedur pendaftaran online sesuai dg yg diarahkan oleh coop kampus. Pada dasarnya, pendaftaran melalui coop kampus berkenaan dg pembayarannya saja. Sedangkan berkenaan dg pendaftaran ke institusi penyelenggara tes TOEIC, maka tetap diserahkan sepenuhnya kepada calon peserta tes. Kode voucher yg didapat dari coop kampus tersebut digunakan saat mengisi form pendaftaran tes TOEIC online bagian pembayaran. Pada saat mendaftar online inilah saya mengetahui tempat tes dilaksanakan. Berikut laman web penyelenggara tes TOEIC yg saya ikuti: http://square.toeic.or.jp/.

Pengalaman saya mengikuti tes TOEIC pada saat hari H, banyak sekali peserta yg mengikutinya pada satu tempat tes tersebut. Seingat saya tempat tes tersebut adalah sebuah universitas, sehingga memang memiliki banyak ruangan dg kapasitas besar. Pada saat itu, saya mendatangi tempat kira-kira satu jam sebelum waktu tes. Tujuannya adalah supaya saya familiar dg tempat tes. Seingat saya, pesan dr penyelenggara tes ialah mendatangi tempat tes 30 menit sebelum waktu tes.

Seperti halnya kebanyakan tes di tanah air, di depan pintu ruangan sudah ditempeli dg daftar nomer-nomer peserta tes yg berhak masuk ke dlm ruangan tersebut. Sebelum masuk ke dlm ruangan, peserta wajib melakukan pendaftaran ulang ke meja pendaftaran ulang di depan setiap ruangan. Daftar nomer-nomer peserta tes ditempelkan di pintu ruangan tepat pada waktunya, kira-kira 45 menit sebelum waktu tes, dan meja pendaftaran ulang dibuka tepat 30 menit sebelum waktu tes. Beginilah budaya tepat waktu di Jepang. Sehingga, pada saat saya datang satu jam sebelum waktu tes, saya belum melihat daftar nomer-nomer peserta tes ditempel dan meja pendaftaran ulang pun masih kosong.

Perkiraan saya pada waktu itu peserta berjumlah ribuan dg asumsi peserta di dlm kelas saya berjumlah 130 orang dan ada sekitar 8 sampai 10 kelas. Kagumnya, dg jumlah massa sekian banyak, tes berjalan sangat lancar, tertib dan tepat waktu. Tidak banyak orang berbicara santai saat mengantri mendaftar ulang di depan kelas, sehingga polusi suara tidak terlalu ramai. Antrian sangat tertib dan saling pengertian. Saya juga melihat beberapa orang asing pada saat itu. Pada saat di dlm ruangan, hampir semua orang tidak banyak bicara santai, apalagi bicara mengenai yg tidak perlu. Dlm satu kelas besar tersebut, penjaga tes hanya 2-3 orang seingat saya. Sugoi. Peserta tes yg berkebutuhan khusus pun difasilitasi dg baik oleh pihak penyelenggara tes.

Mengenai waktunya, pendaftaran online harus dilakukan pada tanggal 16-23. Sedangkan tes TOEIC dilaksanakan pada tanggal 25. Kemudian hasil tes dapat dilihat pada tanggal 24 bulan depannya. Memang memakan waktu yg cukup lama.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Would you kind to have any thought?

